Mengapa Air Laut Berwarna Biru?

Setiap orang pasti tahu bahwa air laut terlihat seperti berwarna biru. Padahal, kalau kita ambil airnya, pasti kelihatannya bening, jernih, dan tidak berwarna biru. Air sama dengan kaca: bening dan tembus pandang. Lantas mengapa air laut berwarna biru?

Warna biru yang terlihat pada permukaan air laut berasal dari cahaya matahari yang memiliki panjang gelombang besar. Ketika memasuki atmosfer bumi, panjang gelombangnya mengecil dan memendar. Panjang gelombang yang baru ini besarnya sama dengan panjang gelombang warna biru. Sebenarnya, peristiwa ini tidak berbeda dengan masuknya cahaya melalui prisma. Cahaya yang masuk bakal terbias menjadi beberapa warna utama: ungu, nila, biru, hijau, kuning, jingga dan merah. Warna ungu memiliki panjang-gelombang tertinggi, dan warna merah terkecil – sehingga muncul istilah ultraungu dan inframerah.

So, bagaimana dengan air laut yang berwarna biru? Hal itu karena pantulan gelombang warna itu. Itulah sebabnya, mengapa air di bak mandi Anda kadang-kadang terlihat hijau atau biru atau putih. Cahaya matahari sebenarnya berwarna putih. Cahaya putih itu sendiri merupakan gabungan dari berbagai energi gelombang. Kenapa tampak kuning? Tak lain karena terbiasnya gelombang warna biru.

Nggak percaya? Kamu bisa buktikan dengan cara berikut. Arahkan tiga buah lampu berwarna merah, biru dan hijau pada satu layar. Gabungkan dari kegita warna cahaya ini bakal menghasilkan warna putih. Lal,u coba matikan lampu biru, maka gabungan kedua lampu lainnya – merah dan hijau- akan menghasilkan warna kuning. Masih nggak percaya…lakukan percobaan sendiri!

About these ads

One thought on “Mengapa Air Laut Berwarna Biru?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s