Manusia Terpendek di Dunia

Setiap makhluk diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Pencipta dengan segenap kelebihan dan kekurangannya. bermacam-macam bentuk makhluk ciptaan Tuhan, termasuk ciptaan-Nya yang berupa manusia.
Berikut ini adalah daftar manusia terpendek di dunia.

1.Khagendra Thapa Magar

Lahir pada bulan Oktober 1991. Dia adalah anak laki-laki dari pasangan Rup Bahadur dan Dhana Maya Thapa Magar. Saat ini, rekor manusia terpendek di dunia ada di tangannya. Tingginya hanya sekitar 22 inci atau sekitar 56 centimeter.
Magar berasal dari Baglung Kota Nepal dan mendapatkan gelar “little Buddha” dari penduduk setempat. Pada waktu lahir, bobot tubuhnya hanya 600 grams (21 ons). Dan, saat ini bobot tubuhnya hanyalah sekitar 5.5 kilograms.
Saat ini, Magar bekerja di Baglung District of Nepal Arts and Recreation Centre.
Pada bulan Mei 2008, Magar muncul di film documenter British Channel 4 dalam acara yang bertajuk “The World’s Smallest Man and Me” yang dipresenteri oleh Mark Dolan.

2.Gul Muhammed

Gul Mohammed lahir pada tanggal 15 Februari 1957 di New Delhi, India. Menurut The Guinness Book of World Records, ia adalah manusia dewasa terpendek dengan tinggi yang telah diverifikasi secara independen.
Pada tanggal 19 Juli 1990, ia diperiksa oleh Rumah Sakit Ram Manohar Lohia, New Delhi, India. Dan, diperoleh tinggi badannya sekitar 57 cm dan berat badannya adalah 17 kg. Ia meninggal pada tanggal 1 Oktober 1997, akibat komplikasi pernapasan dan setelah mengalami perjuangan panjang melawan penyakit asma dan bronkitis, yang diperolehnya karena kebanyakan merokok.

3.Younis Edwan

Younis Edwan lahir di Jordania pada tahun 1971. Dia diklaim sebagai lelaki terpendek di dunia dengan tinggi badan sekitar 65 centimeter atau dua kaki I inci. Namun demikian, ia belum diukur secara pasti oleh Guinness World Records

4.Lin Yu Chih

Lin Yu-chih, yang lahir pada tahun 1972, adalah mantan orang terpendek di dunia menurut Guinness World Records. Dia tinggal di Taipei, Taiwan, di mana dia bekerja sebagai penulis dan aktivis sosial. Namanya kadang-kadang salah eja sebagai Lin-Yih chih. Pada bulan Mei 2008, ia muncul di film documenter British Channel 4 dalam acara yang bertajuk “The World’s Smallest Man and Me” yang dipresenteri oleh Mark Dolan.
Lin menderita dari imperfekta osteogenesis, yaitu penyakit kelainan tulang genetik yang menghambat pertumbuhan tulang normal dan tinggi tubuh. Menurut Guinness Book of World Records, tinggi badannya adalah 67,5 cm. Ia adalah pendiri Asosiasi Imperfekta Osteogenesis.

5.He Pingping

He Pingping dilahirkan pada tanggal 13 Juli 1988, di Wulanchabu, Mongolia, Cina. Menurut ayahnya, pada saat ia lahir, tubuhnya tidak lebih besar dari telapak tangan orang dewasa dan beratnya hanya 500g. Pertumbuhannya berhenti saat ia memasuki usia 18 tahun dan tinggi badannya 74,61 cm.
Pada bulan Januari 2007, ia berpartisipasi dalam acara televisi Jepang yang membuatnya terkenal. Pada bulan Juli 2007, ia pergi ke Erdos untuk menghadiri pernikahan Bao Xishun, pria tertinggi di dunia, yang juga penduduk asli Mongolia.
Pada bulan Mei 2008, ia muncul di film documenter British Channel 4 dalam acara yang bertajuk “The World’s Smallest Man and Me” yang dipresenteri oleh Mark Dolan.
Dia masuk rumah sakit pada tanggal 3 Maret 2010 di Roma, Italia setelah mengeluh sakit dada. Ia meninggal pada tanggal 13 Maret 2010 di usia dua puluh satu tahun akibat komplikasi jantung. Seorang kepala editor Guinness World Records, Craig Glenday, mengatakan bahwa ia adalah “sebuah inspirasi bagi siapa pun yang dianggap berbeda atau tidak biasa.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s