Mengapa Kita Memiliki Usus Buntu?


Usus buntu merupakan sebuah kantong kecil, panjangnya hanya beberapa inci, yang terbentang dari sisi kanan usus besar kita. Dalam waktu yang lama, kita menganggap bahwa usus buntu tidak memiliki fungsi apa-apa, akan tetapi baru-baru ini muncul satu pemikiran yang mengatakan bahwa usus buntu memiliki satu peran di dalam sistem imunisasi tubuh atau sistem kekebalan tubuh.

Jaringan kekebalan tubuh sudah ditemukan di dalam usus buntu, mirip dengan jaringan yang ditemukan di dalam urat getah bening. Ingatlah bahwa urat getah bening membantu melawan terjadinya infeksi—ketika kita mengalami infeksi tenggorokan, maka urat getah bening yang ada di dalam leher kita berkembang untuk membantu mempertahankan tubuh kita dari infeksi bakteri. Sekalipun usus buntu sangat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh, tetapi ia bukan sesuatu yang pokok, dan tidak ada masalah seandainya usus buntu kita harus diganti dengan melalui pembedahan.

Salah satu alasan yang paling masuk akal untuk mengganti usus buntu kita adalah ketika usus buntu itu sudah membengkak—Ini disebut dengan appendicitis (radang usus buntu). Jika lubang pembuka kantong usus buntu itu terkunci oleh pembengkakan lokal, karena banyak duduk, atau sering juga karena makanan  mulai dari buah-buahan atau sayuran yang menyebabkan sakit pada perut, demam, dan muntah. Usus buntu itu akan segera pecah, menyebabkan infeksi di dalam perut tersebut semakin luas.

Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah pembedahan untuk mengganti usus buntu. Usia yang paling sering terkena penyakit yang disebut dengan radang usus buntu ini adalah usia belasan tahun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s