Mengapa Kulit Kita Tidak Bisa Berwarna Ungu, Hijau, atau Biru?


Warna dari kulit dan rambut manusia sudah ditentukan oleh sebuah pigmen (zat warna dalam tubuh) yang disebut dengan melamin. Istilah “melamin” berasal dari bahasa Yunani yaitu melas, yang artinya “hitam”. Melamin ditemukan di dalam ratinocyte, yang mengkhususkan pada sel-sel kulit. Jumlah dan lokasi dari pigmen-pigmen ini menentukan seberapa gelap kulit kita nantinya.

Orang-orang yang tidak memiliki zat melamin yang cukup akan memiliki kulit putih, atau kulit netral. Sedangkan orang-orang yang memiliki zat melamin yang banyak akan memiliki kulit gelap, kulit hitam, dan orang-orang yang memiliki zat melamin dalam ukuran yang sedang, tidak terlalu sedikit dan juga tidak terlalu banyak, akan memiliki warna kulit yang seperti warna sawo matang, yang meliputi warna kekuning-kuningan dan kemerah-merahan.

Ketika kita duduk di tengah terik matahari, zat melamin dari kulit kita akan menjadi lebih gelap dan akan membentuk zat melamin yang lebih banyak, yang kemudian akan menjadikan kulit agak kecokelatan. Bagaimanapun juga, membiarkan kulit kita tersengat sinar matahari hari secara langsung tanpa menggunakan cairan pelindung sinar matahari bisa menyebabkan kerutan, bintik-bintik pada kulit, dan kanker kulit. Kita harus selalu menggunakan pelindung sinar matahari ketika kita berada di luar ruangan, terutama pada saat sinar matahari mencapai puncaknya yaitu antara jam sepuluh pagi hingga jam dua siang.

Rambut kita memiliki zat melamin khusus yang disebut dengan pheomelamin, yang bisa menyebabkan rambut menjadi merah. Karena tidak ada zat pewarna ungu, hijau, atau biru di dalam kulit dan rambut kita, maka kita tidak bisa memiliki kulit atau rambut yang berwarna ungu, hijau, atau biru kecuali jika kita menggunakan makeup atau cat rambut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s