Tahukah Anda Mengapa Langit Berwarna Biru

Langit tampak biru dengan alasan yang sama seperti kenapa asap rokok tembakau berwarna biru : Partikel-partikelnya yang sangat kecil membaurkan cahaya biru.

Tentu saja udara murni tidak berwarna, artinya semua cahaya (warna) yang panjang gelombangnya dalam spektrum cahaya tampak dapat melewatinya tanpa penyerapan. Akan tetapi udara mengandung molekul-molekul bahkan sering tersuspensi dengan debu yang partikelnya lebih kecil dari panjang gelombang cahaya tampak, karena itu menyebabkan sebagian cahaya terbaur. Seperti dalam kasus asap rokok tembakau, cahaya biru terbaurkan lebih banyak dibandingkan dengan warna lain, yang cenderung berjalan lurus melalui udara tanpa perubahan arah yang berarti.

Ketika kita memandangi langit, kita melihat semua warna dalam cahaya matahari yang datang ke arah Anda, terutama dari arah yang agak menyerong – tergantung dari posisi matahari di atas Anda. Akan tetapi selain itu, kita mendapatkan cahaya biru yang dibaurkan oleh udara dari berbagai arah. Oleh sebab itu kita mendapatkan cahaya biru lebih banyak dari cahaya lain yang dikirimkan oleh matahari langsung ke mata Anda. Oleh karena itu langit tampak biru daripada cahaya matahari itu sendiri.

Pertanyaan selanjutnya adalah mengapa ketika matahari terbenam langit berwarna kuning tua/jingga ? Hal ini disebabkan ketika posisi matahari terbenam, kita melihatnya melalui atmosfer pada ketebalan yang setebal-tebalnya (karena matahari dalam posisi miring). Ketika harus menempuh halangan setebal itu, sebagian besar cahaya biru yang menuju ke arah kita terbaur ke berbagai arah, sehingga menyebabkan cahaya matahari kekurangan unsur biru dan membuatnya tampak merah, jingga atau kuning, tergantung pada ukuran partikel-partikel debu yang kebetulan menggantung di udara.

Source: lintasberita.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s