Inilah Tempat-Tempat Terdingin Di Dunia

Setengah belahan bumi sedang memasuki musim dingin. Tapi perlu diketahui ada pula tempat-tempat yang senantiasa berada pada kondisi dingin. Tempat inilah tempat-tempat bersuhu paling dingin di permukaan bumi.

Berikut ini merupakan tempat-tempat di bumi dengan titik temperatur terendah.

International Falls, Minnesota, Amerika Serikat (-40 derajat Celcius)

International Falls memang boleh dikatakan layak menyandang predikat tempat terdingin dengan suhu rata-rata paling rendah di seluruh benua Amerika, bahkan di dunia.

 

Stanley, Idaho, Amerika Serikat (-47 derajat Celcius)

Stanley adalah sebuah kota di negara bagian Idaho, sekitar 200 km dari timur Boise. Ia memiliki rekor hari-hari dingin terbanyak sepanjang 1995 hingga 2005 lalu, menurut laporan BBC. Kota ini dikelilingi oleh pegunungan-pegunungan yang merupakan bagian dari barisan Pegunungan Rocky, dengan ketinggian puncak mencapai 10000 kaki.

Prospect Creek, Alaska, Amerika Serikat (-61,2 derajat Celcius)

Prospect Creek terletak di sebelah utara Fairbanks, Alaska dalam jarak kurang lebih 290 km. Mulanya adalah tempat bermukim bagi 27.000 orang proyek pembangunan jalur pipa. Namun sejak jalur pipa itu selesai pada tahun 1977, Prospect Creek mulai sepi. Kini hanya tertinggal sedikit sekali aktivitas di area itu.

 

Snag, Yukon Territory, Kanada (-63,9 derajat Celcius)

Desa yang berlokasi di sebuah lembah di White River ini memegang rekor tempat bersuhu terdingin di Amerika Utara. Berdasarkan Alaska Science Forum, para ahli meterologi yang bekerja di sana kerap kesulitan menentukan temperatur yang tepat.

 

Yakutsk, Siberia (-64,4 derajat Celcius)

Yakutsk adalah salah satu kota tertua di Siberia yang juga ibu kota Republik Sakha–seringkali disebut Republik Yakutia. Kota ini berada di tepi barat Lena River, di bagian tengah Rusia.

 

Verkhoyansk, Siberia (-69,8 derajat Celcius)

Masih berada di wilayah Siberia, dekat lingkaran Arktik. Kota ini adalah tempat pengasingan politik sampai 1917. Verkhoyansk pun tercatat mengalami musim-musim dingin terburuk di sepanjang masa.

 

Oymyakon, Siberia (-71,2 derajat Celcius)

Dengan lebih dari 210.000 penduduk, Desa Oymyakon menjadi tempat terdingin di bumi yang memiliki penduduk tetap. Oymyakon bersama Yakutsk dan Verkhoyansk berada di satu daerah. Daerah yang sempat dijuluki “Stalin’s Death Ring” pada masa rezim Soviet dahulu.

 

Vostok, Antartika (-89,2 derajat Celcius)

Berada pada ketinggian 11482 kaki di atas permukaan laut, Vostok resmi pula sebagai salah satu tempat terdingin di pemukaan bumi. Tapi, meski temperaturnya teramat dingin, salju yang turun di sini termasuk sedikit. [nationalgeographic]

 

One thought on “Inilah Tempat-Tempat Terdingin Di Dunia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s