10 Karakter Film Terheboh Dekade 2000-an

Dekade pertama yang dari abad baru baru saja berakhir, meninggalkan karakter-karakter film paling mengesankan. Beberapa diantaranya peninggalan era sebelumnya (seperti Joker), beberapa lainnya setua zaman, sedangkan yang lainnya asli produk abad ke-21.

Inilah karakter paling mengesankan pada 2001-2010.

 

1. Tahun 2001, HARRY POTTER

Kita memulai dekade yang baru lewat lalu dengan eksploitasi sosok seorang anak sekolah berkacamata dari Inggris yang memiliki bekas luka di dahi kanannya nan pandai menyihir.

Novel karangan J.K. Rowling itu sudah menciptakan sensasi sebelum bocah penyihir tersebut diangkat ke layar lebar, namun Warner Bros-lah yang menyihir karena menemukan pemuda Daniel Radcliffe yang tetap cocok memerankan Harry Potter.

2. Tahun 2002; GOLLUM

Gollum yang miskin dan terlunta bukanlah sosok pahlawan dalam sisi apapun, tapi dibalik satu karakter dalam cerita adaptasi dari novel karya JRR Tolkien oleh penulis skenario film pemenang oscar Peter Jackson itu telah mengubah teknologi sinematik untuk selama-lamanya.

Aktor Andy Serkis memang yang memerankan Gollum, tapi yang Anda lihat dalam “The Two Towers” dan “The Return of the King” adalah hasil rekayasa komputer yang dicanglok langsung dari gerakan-gerakan dan ekspresi wajah Serkis.

 

3. Tahun 2003; KAPTEN JACK SPARROW

Johnny Depp hampir seorang diri menyelamatkan film boros anggaran garapan Jerry Bruckheimer, “Pirates of the Caribbean: The Curse of Black Pearl”, dengan memerankan karakter Kapten Jack Sparrow yang flamboyan.

Di samping kapal bajak laut raksasa dan adu pedang yang rumit, sosok Sparrow yang urakan dan cerewet yang diperankan Depp adalah tampilan paling mengesankan dalam sebuah film dan itu membuatnya menjadi klasik.

 

4. Tahun 2004; YESUS KRISTUS

Sebelum diluncurkan, film arahan sutradara Mel Gibson “Passion of the Christ” dikenang sebagai proyek film ambisius karena didanai hanya oleh seorang megabintang Hollywood yang memutuskan semua dialog dalam film ini disampaikan dalam Bahasa Aramaik, Latin dan Ibrani.

Minggu-minggu penuh kontroversi akhirnya diikuti oleh pekan-pekan menghebohkan dengan menembus box-office sehingga mengubah ikon relijius menjadi ikon besar layar lebar.

 

5. Tahun 2005; ENNIS dan JACK

Ennis dan Jack (diperankan oleh mendiang Heath Ledger dan Jake Gyllenhaal) berjuang untuk merajut hubungan terlarang dalam “Brokeback Mountain” yang memenangkan Oscar dan menembus box office dengan meraup jutaan dollar. Penampilan dua aktor utama film ini begitu padu sehingga sekuel di mana Jack berkata, “Andai aku tahu bagaimana menghentikanmu” menjadi begitu akrab di telinga publik.

 

6. Tahun 2006; BORAT

Sacha Baron Cohen menciptakan sendiri karakter reporter TV Kazakh yang bombastis untuk acara komedi di Inggris pada pertengahan 1990-an, namun kebanyakan orang baru mengenalnya saat dia masuk layar lebar dalam film dokumenter tentang hidup di Amerika Serikat.

Lewat gambaran kabur apa ini fiksi atau realitas, Cohen memerankan karakter konyolnya untuk mengelabui orang-orang yang tak menaruh syak wasangka terhadap perilakunya yang menohok rasisme dan hipokrasi.

 

7. Tahun 2007; JUNO

Ada banyak film produksi 2007 yang meraup banyak uang dan memenangkan banyak penghargaan Oscar, namun justru sosok remaja hamil suka berkelakar yang diperankan Ellen Page dalam film “Juno” arahan Jason Reitman-lah yang berhasil menarik perhatian penonton.

Ketika film seputar kehidupan perempuan itu kian besar dengan efek yang acap mengerdilkan manusia, kesederhanaan dari peran sulit seorang Juno mengingatkan orang bahwa film adalah lebih tentang manusia, bukan lainnya.

 

8. Tahun 2008; JOKER

Kematian Ledger menyisakan jejak panjang mengenai peran paripurnanya dalam film terakhir Batman “The Dark Knight” garapan sutradara Christoper Nolan.

Namun itu tidak mengurangi penampilan cantiknya sebagai musuh Batman dan mungkin mengimbuhkan kualitas sebuah karakter yang tidak memiliki masa lalu, tak mempunyai moral, dan memiliki salah satu senyum paling menyeramkan dalam sejarah film.

 

9. Tahun 2009; NEYTIRI

James Cameron terinspirasi sosok Gollum ciptaann Jackson dalam film “Lord of the Rings” saat mengawali “Avatar,” yaitu film tentang makhluk asing berkulit biru setinggi 10 kaki bernama suku Na’vi.

Aktris Zoe Saldana mengenakan baju zirah di tubuhnya untuk menciptakan gambaran dirinya dengan rekayasa komputer, untuk mewakili ego seorang makhluk asing berkulit biru.

Hasilnya cukup untuk membawa penonton berkali-kali kembali ke bioskop, sehingga film ini meraup pendapatan lebih dari 2 miliar dolar AS dari seluruh dunia.

 

10. Tahun 2010; MARK ZUCKERBERG

Penulis skenario Aaron Sorkin telah menegaskan berkali-kali bahwa dia menciptakan karakter tokohnya lepas dari kehidupan sebenarnya si pendiri Facebook Mark Zuckerberg dalam “The Social Network.”

Tapi bagi kebanyakan orang, akting Jesse Eisenberg yang cemerlang menjadi elemen paling menentukan. Di tahun di mana banyak diproduksi film ditarik dari kisah nyata (seperti “127 Jam,” “The Fighter” dan “The King’s Speech), sosok Zuckerberg yang amat cerdas tampaknya lebih mewakili dunia kita saat ini dibandingkan sosok lain apapun. (antara)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s