Benar-Benar Nyata: Ratusan Perempuan Hamil Berbarengan Akibat Kesalahan Kontrasepsi

Ratusan perempuan menjadi hamil dalam dua bulan ini setelah implan kontrasepsi jangka panjang gagal. Mestinya, implan yang dipasang di lengan mereka mampu mencegah kehamilan untuk jangka tiga tahun.

Diduga, ada kesalahan dalam pemasangan implan ini. National Health Service (NHS) baru-baru ini harus membayar kompensasi kepada perempuan yang mengalami kesakitan ketika implan disisipkan dan tujuh perempuan menjadi trauma karenanya. Kini, para perempuan yang hamil ini menuntut kompensasi rata-rata 28 ribu poundsterling.

 

Seorang pengacara mengungkapkan bahwa banyak perempuan yang kemudian  mengalami ‘kesulitan psikologis’, telah keguguran atau memutuskan untuk menjalani aborsi setelah implan yang salah itu. Seorang wanita yang menjadi hamil dan menjalani aborsi mengatakan trauma, bahkan ada yang pernikahannya berakhir.

Kegagalan pemasangan Implanon — alat kontrasepsi implan, berupa semacam lempeng yang disispkan di bawah kulit lengan — adalah salah satu kegagalan terburuk yang sangat memukul NHS.

Sebelumnya, otoritas kesehatan menerima 1.607 keluhan tentang implan yang tidak beres. Produsen Implanon, MSD yang merupakan anak perusahaan farmasi Merck, kini telah menggantinya dengan produk terbaru yang disebut Nexplanon, yang memiliki aplikator pre-loaded baru dan dapat dideteksi oleh X-ray atau CT scan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s