Anjuran Islam untuk Menjaga Kesehatan Anak | Ampuh Banget

pentingnya menjaga kesehatan anakIslam Menjaga Kesehatan Anak | Islam memotivasi umatnya untuk memperhatikan semua aspek kehidupan pada anak kecil di dunia ini sebagai bekal kehidupannya ketika baligh, sebelum mati, dan sesudahnya.

Islam juga memotivasi umatnya untuk memperhatikan kesehatan pada anak kecil dan memberikan jalan atau cara yang terbaik bagi mereka dalam mengatasinya, di antaranya:

Pertama, melatih anak supaya gemar berolahraga.

Kedua, membiasakan anak kecil untuk rajin bersikat gigi.

Ketiga, mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan.

Keempat, mengikuti sunnah Rasulullah dalam makan, minum, dan tidak berlebihan dalam keduanya serta tidak rakus pada makanan.

Kelima, tidur pada posisi miring ke kanan karena mempunyai faedah yang banyak bagi kesehatan.

Keenam, tidur yang teratur.

Ketujuh, menjauhkan anak kecil pada sesuatu yang menyebabkan penyakit pencernaan, misalnya: tifus, kolera, dan disentri.

Kedelapan, mendoakan anak supaya terhindar dari kejelekan dan godaan setan. Hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah Saw. terhadap cucu-cucu beliau, di mana Rasulullah Saw. memintakan perlindungan kepada Allah untuk al-Hasan dan al-Husain: Aku mohon perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari setiap setan dan sesuatu yang mengganggu dan dari setiap pandangan yang menyilaukan. (HR. Bukhari).

Baiklah, itulah beberapa anjuran islam untuk menjaga kesehatan Anak. sangat sederhana, tetapi sangat ampuh dan manjur apabila benar-benar dilakukan oleh orang tua. Bagaimana menurut Anda?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s